Benarkah Air Putih Bisa Menyembuhkan Jerawat?

Air Putih Bisa Menyembuhkan Jerawat, air putih, menyembuhkan jerawat, obat jerawat, menyembuhkan jerawat dengan air putih

 

Air Putih Bisa Menyembuhkan Jerawat, photo by cantiksehat.id

Jerawatan selama bertahun-tahun, apakah bisa sembuh dengan hanya minum air putih yang banyak? Tentu saja tidak. 

Berdasarkan pengalaman pribadi saya yang mengalami masalah kulit berjerawat yang parah sejak empat tahun silam, minum air putih sangat membantu dalam proses penyembuhan. Bukan berarti munum air putih banyak-banyak hari ini lalu besoknya jerawat kamu sembuh. Tentu saja bukan seperti itu. 

Saya pun terlambat menyadari betapa pentingnya minum air putih bagi penderita jerawat. Saat itu saya merasa telah melakukan semua upaya yang dokter sarankan. Namun saya melewatkan anjuran minum air putih yang cukup. Sehingga tidak heran bila kulit wajah saya tidak mengalami perubahan yang signifikan. Suami saya sendiri juga menyarankan mulai terapi minum air putih, karena hal itu yang ia lakukan ketika menjadi fighter acne sebelum kami menikah. 

Lalu akhirnya sayapun mulai menerapkan terapi minum air putih, karena logika sederhananya apabila kita mengkonsumsi air putih yang cukup maka akan berdampak pada kesehatan tubuh. Apabila tubuh kita sehat tentu saja sistem metabolisme dan organ-organ tubuh kita akan bekerja dengan baik. 

Sebenarnya tubuh kita punya imunitas atau kekuatan sendiri untuk melawan penyakit dan  bakteri yang berusaha menyerang tubuh. Lihat saja ketika kulit kita tergores oleh sesuatu yang tajam tanpa diberi obat merahpun nantinya luka itu juga kering dengan sendirinya dan beberapa hari kemudian sembuh. Hal itu bisa terjadi asalkan jika tubuh kita dalam keadaan sehat dan kuat. Logika ini juga yang saya terapkan dalam mengatasi jerawat. 

Saya yakin, mengapa jerawat saya susah sekali sembuhnya. Sepertinya ada masalah dengan tubuh saya. Bila saya evaluasi dari pola makan, tidur, sampai kebershihan. Semuanya buruk. Apalagi mengkonsumsi air putih. Sepertinya saya minum kalau dirasa lagi haus saja. 

Buat kamu yang sedang berjuang melawan jerawat, please jangan abaikan minum air putih. Karena itu sangat membantu proses penyembuhan jerawat. Saya sendiri merasakan perubahan setelah 3 bulan menerapkan itu, tentu saja dengan diimbangi dengan makanan sehat dan olahraga teratur. Jerawat yang tadinya besar-besar seperti bisul mulai mengempes dan tidak datang lagi pada bulan berikutnya. 

Air putih memang tidak secara langsung bisa menghilangkan jerawat. Namun untuk menjaga kesehatan tubuh air adalah komponen yang paling penting, karena kesehatan kulit dipengaruhi oleh kondisi tubuh secara keseluruhan. 

Berikut ini yang harus kamu ketahui betapa pentingnya minum air putih bagi penderita jerawat, dari referensi yang saya baca ada tiga hal yaitu sebagai berikut :

1. Mengontrol Produksi Minyak

Saya juga baru tau, ternyata ada kaitannya antara jerawat dengan kadar gula darah dan insulin. Saat kadar insulin di dalam tubuh terlalu tinggi, risiko peningkatan sekresi minyak terjadi. Hal ini bisa memperparah jerawat dan memicu peradangan semakin banyak. Nah, minum air putih adalah salah satu cara untuk mengatur kadar gula darah dan insulin. Saat kadar insulin terkontrol, produksi minyak juga bisa terkendali dan menurunkan resiko munculnya jerawat baru dan memulihkan jerawat yang sedang meradang. 

2. Kulit Terhidrasi 

Selain itu masalah kulit kering bisa dihindari jika tubuh cukup terhidrasi, salah satu caranya dengan mengonsumsi cukup air putih setiap hari. Manfaat air putih untuk kelembaban kulit akan lebih maksimal jika dibarengi dengan penggunaan produk perawatan kulit, terutama pelembap. Jadi, konsumsi air putih yang dikombinasikan dengan produk kecantikan yang tepat bisa menurunkan risiko kulit kering penyebab jerawat. 

3. Detoksifikasi Alami 

Salah satu faktor risiko jerawat adalah organ kulit tidak bisa mengeluarkan racun dari tubuh, sehingga terjadi penumpukan yang memicu peradangan. Maka dari itu, disarankan untuk banyak minum air putih setiap hari. Air akan dikeluarkan dari kulit sebagai keringat yang membawa racun serta logam berat dari tubuh. Proses pengeluaran racun yang lancar merupakan salah satu cara mencegah jerawat. 

Itulah tiga asalan betapa pentingnya minum air putih bagi kamu yang sedang berjerawat. Saya rasa untuk kamu yang tidak mengalami jerawat juga perlu mengetahui hal ini. Karena seperti kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga bermanfaat, mari saling berbagi informasi seputar cara menyembuhkan jerawat. Tetap semangat untuk saya, kamu dan siapapun diluar sana. Kita pasti sembuh.

LihatTutupKomentar