Sembuh dari Jerawat Hanya dengan Konsumsi Wortel Setiap Hari


Hampir satu tahun belakangan ini saya rutin mengkonsumsi wortel. Bukan karena doyan, tapi sedikit terpaksa agar jerawat-jerawat di muka lekas sirna. Alasan saya memilih cara ini, lagi-lagi karena secara keuangan rasanya saya belum mampu membiayai treatment acne di klinik setiap bulan. Dimana satu kali treatmentnya menghabiskan budget yang lumayan menguras dompet. Satu jutaan baru biaya facial, belum laser, injeksi dan cream rutin. Jadi total-total habis 2 jutaan. 

Dokter terakhir yang saya temui satu tahun yang lalu pernah bilang “Kalau mau hasil yang maksimal treatmentnya tidak cukup sekali, harus rutin minimal per 2-3 bulan sekali”


Kalimat itu sangat melekat di kepala saya. Percuma juga kan kalau treatmentnya pas lagi ada uang, iya kalau lagi ada uang. Kalau enggak? sementara muka sudah terlanjur bergantung sama cream dokter!


Saya mulai riset dan mengumpulkan beberapa penelitian tentang cara menyembuhkan jerawat di internet. Yang menarik adalah ternyata wortel bisa membantu proses penyembuhan. 


Studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology Research and Practice menemukan bahwa konsumsi beta karoten, salah satu senyawa yang terdapat dalam wortel, dapat membantu mengurangi peradangan dan keparahan jerawat pada remaja perempuan.

Begitupun hasil studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa konsumsi vitamin A, salah satu vitamin yang terdapat dalam wortel, dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan pada kulit, yang dapat membantu melawan jerawat.

Tidak hanya itu, studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi makanan kaya antioksidan, seperti wortel, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, yang dapat membantu mencegah dan mengatasi jerawat. 

Saya jadi penasaran. Tidak ada salahnya mencoba toh harga wortel juga murah, per kilogramnya hanya 16 ribu paling kalau lagi mahal 19 ribu rupiah. Seandainya cara ini gagal tidak akan membuat saya bangkrut. Pikir saya waktu itu. 

Cara seperti ini hasilnya memang lambat tapi dengan mengkonsumsi wortel secara rutin justru dapat menyembuhkan jerawat dari dalam. Beta karoten yang ada pada wortel dapat mengurangi peradangan. Untuk mendapatkan sumber terbaik beta karotennya wortel harus dimakan mentah. Nah ini nih, masalah yang paling berat. Apalagi dari kecil saya tidak suka makan sayur!


Dulu waktu di awal-awal saya sampai muntah setiap menghabiskan jus wortel tawar. Benar-benar tanpa gula atau susu kental manis, hanya wortel mentah yang di blender dengan air. 


Banyak sekali dramanya. Sudah susah payah menghabiskan satu gelas malah muntah, kadang belum minum aja udah mual, memaksain habis sampai nangis-nangis juga pernah. Begitu aja terus sampai akhirnya saya menyerah. 


Dirasa cara seperti itu kurang efektif, karena lebih banyak wortel yang terbuang dari pada yang tertelan. Jadi saya ganti metodenya dengan cara dimakan langsung. Wortelnya di cuci bersih dulu, setelah itu dipotong-potong. Satu buah wortel saya buat menjadi 8-9 bagian dan dilahap seperti cemilan. 


Menghabiskan 8 potong wortel ternyata bukanlah hal yang mudah. Rasanya lebih sulit dari menenggak jus wortel. Tapi saya tidak kehabisan cara. Supaya rasa anehnya tidak begitu terasa jadi saya ciptakan habit baru yaitu “ngedrakor sambil ngemil sehat” kadang-kadang saya ganti dengan nonton youtube atau apapun film favorit lainnya. Tanpa sadar wortelnya habis juga. 


Benar kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang” Sampai saat ini saya makan 1 buah wortel 3 kali sehari setiap sebelum atau sesudah makan. Sekarang makan wortel sudah bukan tantangan lagi. Yang paling penting adalah wajah saya berangsur membaik. Jerawat besar-besar seperti bisul perlahan mengempes dan hilang. Jika rutin 1 bulan saja hasilnya sudah terlihat dengan syarat tidak makan apapun lagi yang memicu jerawat. 


Ini hanya sepotong cerita dari perjalanan saya menyembuhkan jerawat selama 4 tahun. 










LihatTutupKomentar