Cara Ampuh Mengobati Jerawat, berikut 9 Tips Agar Jerawat Cepat Sembuh

Tips Agar Jerawat Cepat Sembuh, cara ampuh mengobati jerawat,
9 Tips Agar Jerawat Cepat Sembuh, photo by cantiksehat.id


Jerawat adalah masalah kulit yang hampir semua orang tidak menginginkan keberadaannya, terutama jerawat yang muncul di muka atau wajah. Jerawat memang bukan penyakit berat, tapi bisa mengganggu psikologis seseorang yang berpotensi menyebabkan depresi dan frustasi. Karena jerawat dapat mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, yang membuatnya jadi anti sosial tidak ingin bertemu siapapun, karena biasanya selalu menjadi sasaran bulian teman-teman, bahkan kehilangan pekerjaan. Setidaknya itulah yang saya alami. 


Satu hal yang saya pelajari dari jerawat-jerawat ini. Jerawat bisa muncul pasti dipicu oleh sesuatu, entah itu disebakan oleh produk kosmetik, kebersihan diri atau pola makan yang tidak sehat. itu pula lah yang tidak saya perhatikan selama ini sehingga masalah kulit sih jerawat ini menimpa saya dari tahun 2018 sampai hari ini (penghujung tahun 2022). Astaga!


Sebenarnya jerawat adalah permasalahan kulit biasa dan masih dikatagorikan normal, namun apabila berlangsung lama apalagi sampai bertahun-tahun seperti yang saya alami tentu saja bukan sesuatu yang biasa lagi dan menjadi masalah besar. Mulailah melakukan cara-cara sederhana ini (yang dulu saya abaikan) yang sangat membantu dalam proses penyembuhan jerawat. Berikut ini langkah-langkah yang mulai saya lakukan selama menyembuhkan jerawat dari berbagai referensi yang saya baca. Semoga membantu


1. Bersihkan wajah dengan teratur


Supaya jerawat di muka segera lenyap, kamu harus rutin membersihkan wajah dengan sabun wajah khusus jerawat dengan teratur dua kali dalam satu hari, terlebih apabila wajah kamu tipe kulit yang berminyak. Tapi ingat yah jangan pula memncuci muka terlalu sering karena bisa membuat kulit wajah semakin kering dan bisa iritasi, nah keadaan seperti ini bisa memicu munculnya jerawat baru serta membuat jerawat yang lama semakin meradang.


2. Memakai obat jerawat


Salah satu cara meredakan jerawat dengan cepat, kamu bisa menggunakan obat totol jerawat. Bisa yang berbentuk cream, salep, atau gel yang memiliki kandungan asam salisilat, benzoil peroksida, dan asam azaleat yang dijual di apotek atau jika ingin aman berkonsultasi saja terlebih dahulu dengan dokter, biasanya dokter akan memberikan resep atau rekomendasi obat yang sebaiknya kamu gunakan yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.


3. Mengonsumsi makanan sehat


Mau berjerawat atau tidak, mengkonsumi makakan sehat adalah wajib. Jangan seperti saya setelah berjerawat parah barulah mau makan makanan yang sehat. Apalagi ketika sedang berjerawat parah sementara kamu terus-terusan jajan diluar seperti junk food (lagi-lagi ini yang saya lakukan dulu). Sesibuk apapun usahakan makanan makanan yang kamu masak sendiri karena hanya kamu yang bisa menilai makanan mu.  Apakah memiliki kandungan lemak yang banyak, gula, atau ke dua-duanya. Sebagaimana yang diketahui lemak dan gula adalah musuh terbesar jerawat. Ohya selain junk food kamu juga harus meghindari susu atau produk yang terbuat dari susu seperti butter atau keju karena bisa memperparah jerawat kamu.


4. Minum air putih yang cukup


Pastikan kamu tidak meng-skip langkah yang satu ini. Karena air sangat penting dalam proses penyembuhan jerawat (ini yang dulu selalu saya abaikan. Minum air paling kalau haus dan setelah makan saja, kan geblek!). Air dapat menghilangkan toksin dan bakteri di kulit dan membantu mengurangi penyumbatan pori-pori yang dapat memicu munculnya jerawat. Air juga dapat menjaga kelembapan sehingga membuat kulit tetap sehat yang dapat meningkatkan produksi collagen. Air juga dapat mengurangi infeksi dan jaringan parut di kulit yang disebabkan karena jerawat. Disamping itu, minum air putih membuat kita  tetap terhidrasi, mendinginkan temperatur tubuh, mengurangi panas pada tubuh dan produksi minyak berlebihan. Di mana hal ini akan memberikan dukungan kesehatan kulit dan membantu mengurangi jerawat. Ingat yah kalau ingin jerawat sembuh kamu harus minum air yang cukup.


5. Jangan menyentuh wajah


Ini satu lagi hal bodoh yang selalu saya lakukan. Memencet jerawat. Seru aja gitu ketika berhasil ngeluarin komedo yang sudah keras. Alhasil sembuh juga enggak, tambah parah iyah!.

Banyak orang tidak sabar untuk hilangkan jerawatnya hingga mereka kerap memegang atau memencet jerawatnya. Hal ini tidak boleh dilakukan karena membuat jerawat meradang dan makin kronis, hingga mempunyai potensi memunculkan sisa jerawat lebih hitam. Tangan penuh bakteri membuat jerawat kamu akan makin merah dan iritasi. Jangan lakukan lagi yah!


6. Bersihkan seprai kasur dan bantal


Untuk saya sih pemalas ini. Saya tidak se perhatian itu sama diri sendiri, apalagi soal kebersihan. padahal ini penting sekali. 

Sepenting itu mencuci dan mengganti seprai dan bantal, sedikitnya dicuci 1 minggu sekali, karena bantal ialah benda yang kerap bersinggungan dengan kulit muka kita setiap hari. Bila bantal kotor penuh bakteri dan kuman, semuanya akan melekat di muka sehingga dapat memperparah berjerawat. 


7. Jangan ber make up terlalu berlebih


Dari semua hal bodoh yang saya lakukan, ini yang lebih bodoh lagi. Demi menutupi jerawat, saya menggunakan foundation semaksimal mungkin agar jerawat tersamarakan dengan make up. Beberapa hari setelah itu saya panen. 

Ber make up yang berlebihan dapat memicu jerawat, ditambah lagi bila jerawat tersebut sedang meradang. Jangan sesekali mencoba menutupi jerawat dengan memakai make up. Di saat kulitmu berjerawat, jauhi make up tebal dan dandanan berwujud padat seperti stik dan cream. Karena produk itu umumnya memiliki kandungan polyethylene atau ethylhexyl palmitate yang beresiko untuk kulit berjerawat. Disamping itu, perlengkapan make up kamu juga benar-benar mempunyai potensi memiliki kandungan kotoran yang bisa jadi memperparah jerawat. Bila kamu betul-betul perlu memakai make up, pilih produk make up yang berlabelkan "non-komedogenik" yang maknanya tidak menyumbat pori sehingga tidak memperparah jerawat kamu.


8. Jangan stress


Iyah tau, berjerawat memang bikin stress, tapi cobalah untuk melihatnya dari sisi lain. Mulailah berpikir positif. Kalau saya sendiri melihat jerawat bukan lagi sebagai musibah, penyakit, takdir atau nasib yang menyedihkan tapi saya melihatnya dari sisi lain. Jerawat adalah semacam bentuk komunikasi. Tubuh saya menyampaikan infromasi bahwa di dalam tubuh saya sedang tidak baik-baik saja. Tubuh saya berusaha memberitahu bahawa mereka tidak bisa bekerja dengan baik karena terlalu banyak sampah yang saya masukan. Karena tubuh tidak bisa bicara maka mereka memberi tanda lewat jerawat ataupun beruntusan. 

Itulah yang saya pikirkan tentang jerawat saya. Sembari perlahan-lahan memperbaiki pola hidup saya. 


Separah apapun jerawat kamu, cobalah untuk tidak stress. Stress tidak hanya menganggu psikologis tapi juga dapat memperparah jerawat. Saat seseorang depresi badan semakin banyak menghasilkan sebum, sebum yang bersatu dengan beberapa sel kulit mati dan bakteri akan mengakibatkan sumbatan pada pori-pori di wajah, hingga menghasilkan komedo dan jerawat.


9. Olahraga Teratur

Sesibuk apapun, sediakanlah waktu untuk olahraga. Setidaknya 15-20 menit saja. Salah satunya langkah simpel yang bisa menguangi jerawat dengan olahraga dengan teratur. Olahraga dengan teratur membantu hormon jadi seimbang dan mengurangi depresi.


Itu saja tips yang dapat saya bagikan semoga membantu. Untuk kamu fighter acne di luar sana, ingat kamu tidak sendiri, saya juga mengalami, kita semua bisa sembuh, kita semua pasti sembuh asalkan kita berusaha. Jangan menyerah.

LihatTutupKomentar